Minggu, 16 Juni 2013

reassurance

PETA KOGNITIF KETERAMPILAN DASAR KONSELING
TEKNIK REASSURANCE


NAMA TEKNIK
DEFINISI
TUJUAN
JENIS
MODALITA
CONTOH APLIKASI
REASSURANCE
Teknik yang digunakan untuk menguatkan pernyataan positif klien agar klien merasa yakin dan percaya diri.
a.    Agar konseli mampu mengantisipasi secara lebih baik
b.    Konsekuens terhadap perbuatan dan perubahan pikiran, perasaan dan perilakunya
c.    Dari teknik ini yang digunakan konselor seminim-minimnya agar klien memahami dampak bagi dirinya atas apa yang terjadi.

1.    Approval (awalan)

-   “Bagus”
-   “Baik”
-   “Wow”
-   “Istimewa”
-   “Amazing”
Ki :”Bu, kemarin saya menang juara 1 lomba cerdas cermat”
Ko :”Hebat.....”
2.    Prediction Reassurance
(Untuk memberikan penguatan atas rencana positif yang diungkapkan konseli)
-   “Jika.... maka...”
-   “Apabila.... sehingga...”
-   “Kalau....atas....
-   “Andaikata....”
-   “Itu merupakan rencana yang bagus”
-   “Saya yakin anda pasti sukses dengan rencana tersebut”
-   “Anda pasti bisa”
-   “Anda pasti bisa melakukannya”
-   “Jika.... tidak mustahil...”
-   “Apabila... tidak menutup kemungkinan...”
-   Dll
Ki : “Pak nilai semester ini bagi saya adalah nilai yang sangat mengecewakan, hal ini terjadi karena saya memang malas belajar, namun mulai semester depan saya akan belajar dengan giat dan selalu belajar walaupun tidak ada ulangan.
Ko: “Bagus sekali, jika anda mulai semester dapan akan belajar lebih giat dan selalu belajar walaupun tidak ada ulangan tidak mustahil nilaimu akan lebih baik dari semester ini”.
3.    Postdiction Reassurance
(Untuk memberikan penguatan atas apa yang telah diupayakan oleh konseli atau atas keberhasilannya)
-   “Tuh kan, buktinya anda bisa”
-   “Anda pasti bisa melakukannya lagi”
-   “Coba anda lakukan sekali lagi”
-   “Setelah... hasilnya”
-   “Atas upaya kamu....nyatanya”
-   “Atas usahamu... akhirnya...”
Ki :” saya mencoba menemui Pak Totok untuk bertanya tentang materi yang saya tidak paham pak. Beliau juga mau menjelaskannya. Tapi sekarang saya tidak yakin bisa bertanya lagi atau tidak, saya takut pak”
Ko :”wah, bagus sekali. Anda telah berupaya untuk menanyakan kepada pak Totok. Kenapa sekarang tidak dicoba lagi, buktinya yang lalu anda berhasil”
4.    Factual Reassurance
(Untuk memberikan penguatan atas apa yang sedang dialami oleh konseli atau atas kondisi riil konseli)
-   “Saya dapat memahami perasaan anda”
-   “Kuatkan diri anda”
-   “Tabah lah, anda pasti bisa melewati ini”
-   “Sudah barang tentu...”
-   “Seperti yang anda alami...”
-   “Sudah semestinya...”
Ki:”saya bingung bu, harus bagaimana setelah lulus ini. Saya dijodohkan oleh orang tua saya, padahal saya ingin melanjutkan kuliah di S2 tapi saya juga tidak ingin mengecewakan orang tua saya. Saya bingung bu harus bagaimana”
Ko:” saya mengerti perasaan anda, hal tersebut memang sulit, tapi saya percaya anda pasti bisa melewati ini dan mampu membuat keputusan yang terbaik atas kondisi yang ada saat ini.”

1 komentar: